Recent twitter entries...

Cara Instal Windows XP di Laptop Terbaru


Pernah suatu ketika saya dimintai bantuan oleh tetangga untuk menginstal OS pada Laptop yang baru dibelinya. Tentu saja dengan senang hati tawaran ini saya terima...


Segera saya persiapkan perangkat yang dibutuhkan, dan meluncur ke rumahnya.  Sesampai di sana sambil bicara basa-basi saya tanyakan OS apa yang hendak diinstal. Padahal  Waktu itu OS yang saya miliki adalah Windows XP SP 2, dan saat itu telah ada OS terbaru keluaran Windows yaitu Windows 7. Yang empunya laptop pasrah bongkoan terserah mau disi apa  laptopnya. Asal jangan di isi yang aneh2..
Meskipun sangat disayangkan sebab spesifikasi Laptopnya sangat mampu menerima Windows 7, Mau tidak mau laptop nya saya isi dengan Windows XP karena hanya itu yang tersedia. Ga professional amir..
Dalam perjalanan install, saya dibuat bingung pada saat akan memulai instalasi muncul pesan error dengan layar biru atau yang sering disebut Blue Screen. Perasaan CD windows XP yang saya gunakan tak bermasalah, sebab belum lama saya gunakan untuk menginstal kompie pribadi. Tak mau kehilangan muka, akhirya saya keluarkan CD tersebut dan saya ganti dengan CD cadangan llain. Sambil berdoa semoga tidak ada masalah.
Akan tetapi ternyata tetap saja muncul pesan error yang sama. Wah.. kalo ini benar-benar sudah kehilangan muka. Tak ingin kemaluan saya makin membesar, saya kemudian pamit keluar kepada tuan rumah dan beralasan bahwa CD yang saya bawa telah rusak akan saya usahakan mencari gantinya. Saya yakin tuan rumah tidak paham keadaan yang sebenarnya terjadi, wong saya sendiri juga kurang mudeng.
Dalam perjalanan pulang ke rumah saya sempat berfikir bahwa kemungkinannya adalah Laptop terbaru sudah tidak bisa diinstal dengan Windows XP. Daripada ragu-ragu, saya putuskan untuk menelepon salah seorang teman yang saya anggap lebih paham soal komputer dan akhirnya saya mendapatkan jawaban bahwa beberapa laptop keluaran terbaru yang sudah dipaket dengan Windows Vista dan dia menyarankan agar diinstal setidaknya dengan vista.
Dapat  jawaban juga, tapi belum menyelesaikan seluruh masalah. Saya tidak punya Windows Vista apalagi Windows 7. Mau download dulu ke warnet tak terbayang lamanya untuk menunggu. Dan saya cukup yakin dilingkungan tempat saya tinggal belum ada yang menggunakan windows Vista.
Akhirnya saya memutuskan pergi ke warnet, untuk mencari solusi permasalahan tersebut. Alhamdulillah, tak perlu tanya Mbah Gogle lama-lama ketemu juga solusinya.
Konon katanya Laptop terbaru sudah menggunakan teknologi AHCI, yaitu semacam teknologi yang berkaitan dengan hard disk. Sedangkan  windows vista serta windows 7 masternya sudah mendukung teknologi AHCI. Sementara Windows XP belum mendukung teknologi itu dan hanya mengenal IDE/SATA, sehingga apabila di-install menggunakan Windows XP, saat masuk di tahap deteksi Harddisk terjadi bluescreen.
Tapi jangan khawatir tetep ada solusinya agar  Windows XP SP1/SP2 tetap dapat diinstal  berarti kita harus membuat CD Instalasi Windows XP ini mengenal IDE/SATA.
Caranya :
1.     Masuk Ke system Bios, sewaktu mau booting tekan tombol F2 atau tombol fungsi lainya
2.     Cari di bios sytem yang ada tulisanya SATA Controller
3.     Ubah setingan Dari AHCI ke pilihan yang kedua (NATIVE IDE/IDE)
4.     Simpan setingan dengan menekan tombol F10
5.     Selesai
Mudah bukan.. Sekarang kita bisa install Windows XP tanpa ada pesan Blue Screen. Dan mukaku telah ku temukan kembali .
Selamat mencoba.

Comments (0)

Posting Komentar